Tuesday, September 16, 2008

Penggunaan Kartu Kredit secara Bijak

Saat ini sepertinya sudah jamak orang mempunyai kartu kredit, apalagi buat pekerja yang hidup di Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Hanya saja tidak setiap orang mampu mengelola penggunaan kartu kreditnya secara bijak. Dan akhirnya harus menghadapi tagihan Debt Collector dari Bank penerbit kartu kredit.

Teman kosku pernah mengalami hal ini yaitu harus menghadapi tagihan2 dari para Debt Collector. Temanku itu mempunyai 4 kartu kredit dari 4 Bank yang berbeda, dengan penggunaan maksimum dan minimum payment setiap bulannya. Sampai akhirnya dia datang ke kamarku untuk minta saran apa yang sebaiknya dia lakukan. Saat dia minta saran aku belum punya kartu kredit...aneh ya hehehehe.....minta saran sama orang yang gak punya kartu kredit :D

Aku saranin ke temenku itu untuk meminjam uang ke perusahaan tempat dia kerja atau mengambil tawaran transfer balance dari Bank yang menawarkan bunga rendah atau bunga 0%.... terus bayar semua tagihan kartu kredit setelah itu tutup kartu kredit sisakan 1 atau 2 kartu kredit dengan bunga paling rendah dan mempunyai tawaran2 yang menarik. Dan akhirnya temenku itu bebas dari jeratan hutang kartu kredit.

Tips - tips berkaitan dengan kartu kredit:
  1. Jangan mudah tergiur dengan tawaran sales kartu kredit yang memberi iming2 hadiah misal boneka, hp, voucher belanja dll. Kalau memang kita tidak butuh kartu kredit tersebut jangan apply.
  2. Boleh punya kartu kredit tapi jangan menjadi konsumtif karena kartu kredit.
  3. Ambil kartu kredit dengan bunga rendah dan banyak tawaran2 menarik, misal buy 1 get 1 free, kredit dengan bunga 0% dan lain-lain. Sebaiknya maksimal punya 2 kartu kredit saja, biar kita gak tambah pusing dengan penggunaannya.
  4. Gunakan kartu kredit untuk hal-hal yang benar-benar urgent, misal: Belanja bulanan (sebelumnya daftar belanjaan harus dicatat ya biar gak bengkak), bayar uang muka Rumah Sakit (keadaan darurat), pesan tiket pesawat secara online dll.
  5. Bayar tagihan kartu kredit secara full setiap bulannya, anggap aja kita belanja secara tunai. Sehingga kita tidak kena beban bunga. Sebelum menggunakan kartu kredit pikirkan kemampuan kita membayar tagihannya pada saat jatuh tempo jangan sampai hanya melakukan minimum payment karena kita akan terjerat hutang kartu kredit kalau itu yang kita lakukan. INGAT!!! bunga kartu kredit rata2 42% per tahun jadi bayangkan alangkah besarnya uang yang harus kita bayarkan untuk hutang yang terus berbunga. Kalaupun kita mau membayar secara bertahap karena membeli suatu barang, carilah store yang menawarkan fasilitas cicilan 6 atau 12 bulan dengan bunga 0% atau bisa juga dengan menelpon bank yang mengeluarkan kartu kredit untuk mengambil fasilitas cicilan tetap bisa 3, 6 atau 12 bulan (dan bunganya jauh lebih murah daripada kalau kita membayar bunga karena minimum payment). Sekedar informasi untuk cicilan tetap ini bunga kartu kredit BCA lebih rendah daripada kartu kredit Citibank (Easy Pay).
Kesimpulannya: Pergunakan kartu kredit secara bijak, karena kartu kredit itu bukanlah tambahan dana untuk penggunanya.


by Nana

No comments: